Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam

Deli Serdang, Senin-Selasa/4-5 Maret 2024, Program Studi Pendidikan Agama Islam mengkuti tahapan asesmen lapangan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) setelah melakukan submit borang akreditasi melalui akun SIMALAMDIK (https://sima.lamdik.or.id/) pada bulan Desember 2023 lalu.

Asesmen lapangan merupakan tahapan lanjutan dalam akreditasi program studi setelah melalui tahapan sebelumnya yaitu registrasi online, unggah dokumen borang dan lampiran, asesmen kecukupan, dan validasi asesmen kecukupan.

Tim yang bertugas menjadi asesor lapangan yaitu:

  • Dr. Heri Khoiruddin, M.Ag.  (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
  • Dr. Hamdani, M.A.  (Institut Agama Islam Negeri Langsa)

Asesmen lapangan berlangsung secara luring selama dua hari pada tanggal 4 s.d. 5 Maret 2024 berpusat di Gedung kantor STAI As-Sunnah lantai III.

Kedatangan kedua asesor ke Kampus STAI As-Sunnah disambut hangat oleh Ketua STAI As-Sunnah, Wakil Ketua, Kaprodi, dan Sekprodi, serta segenap dosen, stakeholder dan mahasiswa.

Dalam sambutan pada pembukaan Asesmen Lapangan Ketua STAI As-Sunnah Al-Ustadz Dori Chandra, M.Sos menyampaikan: “Akreditasi ini sangatlah penting sekali untuk keberlangsungan lembaga dalam menjalankan visi dan misi. Salah satu urgensi dari adanya akreditasi adalah untuk menjamin kualitas dan mutu pendidikan dan lulusan. Untuk itu, STAI As-Sunnah terus mengikuti proses akreditasi baik melalui BAN PT maupun LAMDIK (setahun yang lalu tepatnya Januari 2023 kami juga baru divisitasi dari LAMDIK pada Akreditasi prodi PBA). Kami masih terus komitmen untuk meningkatkan mutu STAI agar mendapatkan akreditasi unggul dan mudah-mudahan ke depan dapat memperoleh akreditasi di level internasional.”

Ketua juga mengharapkan saran, masukan untuk kemajuan prodi PAI secara khusus dan STAI As-Sunnah secara umum.

Selanjutnya Dr. Heri Khoiruddin, M.Ag. Dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung selaku Asesor 1 dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas sambutan dan layanan yang baik kepada para asesor. Beliau juga menyampaikan tujuan kedatangan mereka adalah untuk melakukan verifikasi, konfirmasi terhadap data-data yang telah dikirimkan serta melakukan tinjauan lapangan terhadap sara dan prasarana yang dimiliki oleh STAI As-Sunnah, sekaligus juga menggali data yang mungkin saja ada sebagai tambahan terhadap data yang sudah terkirim sebelumnya.

Dr. Hamdani, M.A.  Dosen Institut Agama Islam Negeri Langsa juga menyampaikan terima kasih atas sambutan dan layanan yang diberikan. Kegiatan asesmen ini bertujuan untuk mengkonfirmasi dan melihat secara langsung keadaan program studi PAI, lanjut Beliau. Beliau juga berharap dengan kunjungan ini semoga kita tetap bisa bersilaturrahim dan bersinergi dalam memajukan Lembaga Pendidikan kita.

Rangkaian acara asesmen lapangan luring ini meliputi diskusi dengan pimpinan STAI As-Sunnah, Pusat Penjaminan Mutu dan prodi terkait kebijakan, capaian, dan rencana pengembangan, konfirmasi pelaksanaan pengelolaan STAI As-Sunnah dan prodi.

Selain itu diskusi terkait konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas SPMI dengan Unit Penjaminan Mutu, dilanjutkan dengan kunjungan sarana dan prasarana kampus.

Pada acara penutupan asesmen lapangan dilakukan penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan yang ditandatangani oleh Ketua STAI As-Sunnah, Ketua Prodi PAI dan Kedua Asesor.

Terakhir, mohon doa dari semua pihak, Semoga Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam mendapatkan hasil akreditasi yang terbaik.