Visi
Visi
Menjadi program studi unggul dan kompetitif untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang Pendidikan Agama Islam serta profesional dan berorientasi pada Al-quran dan Sunnah pada level Asia Tenggara tahun 2030.
Misi
Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang integratif dan profesional dalam bidang Pendidikan Agama Islam;
2. Mengembangkan penerapan model-model pembelajaran berbasis Information, Communication and technology (ICT) dan pemanfaatannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam;
3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pengkajian dan penelitian ilmiah;
4. Menjalin kerjasama secara regional, nasional dan internasional di bidang Pendidikan Agama Islam.

Tujuan
Tujuan

1. Menghasilkan sarjana pendidikan berkarakter Islami yang menguasai pembelajaran inovatif dan kreatif, pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
2. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah berbasis bidang keahlian dan kolaboratif.
3. Menjadikan Prodi Pendidikan Agama Islam yang mampu menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran yang bermutu, dan professional.
4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Islam yang bermanfaat dan berkelanjutan.
5. Terbangunnya jaringan kemitraan yang kokoh, fungsional dan mutualistik dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasional.

Profil Lulusan
Pendidik Agama Islam
Menjadi pendidik agama Islam pada lembaga pendidikan formal maupun non formal yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas, profesional dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggungjawab berlandaskan Al-quran dan Sunnah.
Enterpreneur Bidang Pendidikan Islam
Menjadi entrepreneur di bidang pendidikan Islam produktif, inovatif, dan kompetitif untuk menghasilkan dan mengembangkan karya di bidang pendidikan Islam.
Peneliti Bidang Pendidikan Islam
Menjadi Peneliti yang produktif dan profesional dalam bidang Pendidikan Agama Islam, menguasai metodologi penelitian, dan mampu berkontribusi dalam perkembangan dan pengembangan dunia pendidikan.
Capaian Pembelajaran
Rumusan Pengetahuan
1) Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi
2) Mengaplikasikan konsep pengembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dalam dunia percakapan dan tulisan berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) secara praktis
3) Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik)
4) Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individu dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik.
5) Memahami kajian tentang agama-agama melalui pendekatan transdisipliner berbasis masyarakat multikultural secara komprehensif.
6) Memahami ulum al-Qur’an yang diperlukan sebagai salah satu alat dalam memahami al-Qur’an melalui pendekatan transdisipliner secara utuh dan mendalam.
7) Memahami status hadits, sejarah dan perkembangannya sebagai dasar dan sumber hukum Islam melalui pendekatan transdisipliner secara utuh dan mendalam.
Rumusan Sikap dan Tata Nilai
1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Rumusan Keterampilan Umum
1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
4) Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
6) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
9) Mampu menguasai penggunaan bahasa Arab dalam aspek berbicara, mendengar, membaca, dan menulis melalui kegiatan pembiasaan secara berkesinambungan
10) Mampu menguasai penggunaan bahasa Inggris dalam aspek berbicara, mendengar, membaca, dan menulis melalui kegiatan pembiasaan secara berkesinambungan 11) Mampu memproduksi ide-ide dan melahirkan Keterampilan hidup melalui kegiatan usaha mandiri secara inovatif.
Rumusan Keterampilan Khusus
1) Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;
2) Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah secara baik dan tepat;
3) Mampu mengembangkan media, alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam;
4) Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah;
5) Mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi;
6) Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;
7) Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;
8) Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun di masyarakat;
9) Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;
10) Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/ madrasah; 11) Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar; 12) Mampu menghafal ayat-ayat al-Qur’an dan hadis -hadis pendidikan.
Kurikulum

   

Semester I

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

ST1301

Al-Qur'an

2

2

ST1305

Tauhid I

2

3

ST1321

Sirah Nabawiyah I

2

4

ST1332

Maharatul Istima'

2

5

ST1333

Maharatul Kalam

4

6

NAS1301

Bahasa Indonesia

2

7

NAS1304

Pancasila dan Kewarganegaraan

2

8

PAI1309

Dasar-dasar Pendidikan Islam

2

9

PAI1322

Ilmu Pendidikan Islam

2

Jumlah

20

Semester II

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

ST2306

Tauhid II

2

2

ST2312

Fikih Ibadah I

4

3

ST2322

Sirah Nabawiyah II

2

4

ST2327

Akhlak

2

5

PAI2303

Hadis Tarbawi I

4

6

PAI2310

Manajemen Pendidikan Islam

2

7

PAI2311

Sejarah Pendidikan Islam

2

8

PAI2315

Psikologi Pendidikan

2

Jumlah

20

Semester III

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

ST3303

Ulumul Qur'an I

2

2

ST3307

Tauhid III

2

3

ST3310

Ilmu Hadis

2

4

ST3313

Fikih Ibadah II

2

5

ST3325

Tarikh Islam I

2

6

ST3329

Sastra Arab

2

7

NAS3302

Bahasa Inggris I

2

8

NAS3305

Ilmu Komputer I

2

9

PAI3301

Tafsir Tarbawi I

2

10

PAI3314

Strategi Pembelajaran

2

Jumlah

20

Semester IV

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

ST4304

Ulumul Qur'an II

2

2

ST4308

Tauhid IV

2

3

ST4326

Tarikh Islam II

2

4

NAS4303

Bahasa Inggris II

2

5

NAS4306

Ilmu Komputer II

2

6

PAI4302

Tafsir Tarbawi II

2

7

PAI4304

Hadis Tarbawi II

4

8

PAI4317

Metode Pembelajaran Agama Islam

2

9

PAI4318

Media dan Teknologi Pembelajaran

2

Jumlah

20

Semester V

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

ST5302

Tafsir

2

2

ST5309

Tauhid V

2

3

ST5314

Fikih Munakahat

2

4

ST5316

Sejarah Fikih Islam

2

5

ST5317

Kaidah Fikih I

2

6

ST5328

Akhlak

2

7

ST5330

Nahu Terapan I

2

8

PAI5305

Metodologi Penelitian I

2

9

PAI5319

Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran

2

10

PAI5323

Supervisi Pendidikan

2

11

PAI5324

Pembelajaran PAI Inklusif*

2

12

PAI5325

Pembelajaran PAI Difabel*

Jumlah

22

Semester VI

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

ST6315

Fikih Jinayat

2

2

ST6318

Kaidah Fikih II

2

3

ST6319

Ushul Fikih I

2

4

ST6323

Agama dan Pemikiran I

2

5

ST6331

Nahu Terapan II

2

6

PAI6306

Metodologi Penelitian II

2

7

PAI6312

Statistik Pendidikan

2

8

PAI6313

Psikologi Perkembangan Peserta Didik

2

9

PAI6316

Micro Teaching

2

10

PAI6321

Telaah dan Pengembangan Kurikulum PAI

2

Jumlah

20

Semester VII

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

ST7311

Dirasatul Asanid

2

2

ST7320

Ushul Fikih II

2

3

ST7324

Agama dan Pemikiran II

2

4

PAI7307

Penelitian Tindakan Kelas*

2

5

PAI7308

Demografi Pendidikan*

6

PAI7320

Etika Profesi Keguruan

2

7

PAI7326

Pendidikan Multikultural*

2

8

PAI7327

Pengelolaan Perpustakaan Sekolah*

9

PAI7328

Leadership

2

10

PAI7329

Kewirausahaan*

2

11

PAI7330

Manajemen Organisasi*

12

PAI7331

Bimbingan Konseling

2

Jumlah

18

Semester VIII

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

1

PAI8332

PPL

4

2

PAI8333

KKL

2

3

PAI8334

Skripsi

6

Jumlah

12

Keterangan:

* = Mata Kuliah Pilihan

1. Mata kuliah Wajib = 144 SKS

2. Mata kuliah Pilihan = 16 (Dipilih 8 SKS dari 16 )

3. Total SKS Program Studi PAI = 152 SKS (144 + 8 )